Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Rumahan

Membayar tagihan listrik adalah kewajiban yang harus ditunaikan setiap kala waktu guna mendapatkan hak pemakaian listrik. Tagihan listrik ini dibayarkan pada PLN (Perusahaan Listrik Negara) yang menjadi satu-satunya otoritas yang mengolah dan “menjual” listrik di Indonesia. Membayar listrik pun sudah lama dijadikan sebagai sarana mendapatkan aliran listrik ke tempat hunian masing-masing dengan terlebih dahulu mendaftarkan sambungan arus listriknya di instansi terkait.

Setelah mendaftarkan sambungan arus listrik di PLN, listrik sudah bisa dipasang di hunian Anda. Setiap bulannya, akan ada tagihan listrik sesuai dengan pemakaian yang harus Anda bayarkan. Nah, batas tanggal pembayaran listrik yang ditetapkan oleh PLN yaitu tanggal 20 setiap bulannya. Melewati tanggal itu, tagihan listrik Anda akan dikenakan denda. Bukan hanya denda, tagihan listrik yang terlampau lama pembayarannya pun bisa mengakibatkan pemutusan sambungan arus listrik dari yang sementara hingga permanen. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk memperhatikan tanggal pembayaran listrik dan membayarkannya tepat waktu terutama jika Anda merupakan pengguna listrik tipe pasca bayar. Nah, sebelum membayar, pastikan Anda sudah mengetahui nominal yang harus dibayarkan dengan mengeceknya terlebih dahulu.

1. Via Telepon

Nomor layanan PLN
image source : twipu

Tidak usah ribet-ribet. Mengecek tagihan listrik zaman sekarang bisa dilakukan dengan sangat mudah, salah satunya adalah dengan menggunakan telepon. Lakukan panggilan ke nomor telepon PLN yaitu 123 dengan didahului oleh kode kota (misalnya saja 021-123 untuk daerah Jakarta). Setelahnya, Anda bisa langsung mengikuti petunjuk operator telepon dan Anda sudah bisa mengetahui tagihan listrik Anda hingga pada saat Anda menelepon. Untuk biaya telepon, tarif ke call center PLN ini setara dengan tarif telepon normal.

2. Via SMS

sms pln
image source : pixabay

Selain via telepon, kemudahan lain yang bisa Anda akses untuk mengetahui biaya tagihan Anda adalah via SMS. Cukup dengan mengetik REK (spasi) No ID Pelanggan dan kirim ke 8123. Cara ini tentunya dapat menjadi preferensi Anda yang tidak suka atau tidak sempat melakukan panggilan telepon. Sebelumnya, tentu Anda harus mencari tahu dan mencatat no ID pelanggan Anda dulu di PLN.

3. Via Website

cekbill pln
image source : cekbill

Di zaman modern seperti sekarang, tidak mungkin namanya jika internet tidak ikut dimanfaatkan sebagai salah satu sarana yang mempermudah kehidupan manusia, termasuk dalam mengecek tagihan listrik. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan mengunjungi website www.cekbill.com yang sudah terintegrasi dengan PLN. Caranya pun tidak beda jauh dengan pengecekan pada umumnya yaitu dengan memasukkan no ID pelanggan Anda. Runtutan caranya adalah berikut ini: 1). Klik “Cek Tagihan Listrik PLN” pada bagian kiri halaman website. 2). Masukkan nomor ID pelanggan di kolom yang tersedia. 3). Masukkan kode captcha sebagai verifikasi. 4). Klik navigasi “Cek Tagihan”. 5). Setelahnya baru akan muncul nominal tagihan listrik beserta status pembayaran listrik Anda.

4. Via Aplikasi

aplikasi mobile pln
image source : googleplay

Di zamannya telepon pintar (smartphone) seperti sekarang, Anda pasti sudah paham bahwa aplikasi adalah kemudahan lain yang patut disyukuri. Aplikasi pada dasarnya lebih ringan dibuka dan lebih cepat diakses dibandingkan yang lainnya. Dengan hanya mengunduh aplikasi PLN Mobile for Android di playstore, Anda bisa mengecek jumlah tagihan listrik dengan sangat mudah kapan pun dan dimana pun.

5. Via Email

email tagihan pln
image source : pln

Jika Anda malas melakukan pengecekan harga secara berkala, Anda bisa mendaftar di e-billing PLN untuk mendapatkan informasi tagihan secara berkala dan otomatis, langsung ke email Anda. Pendaftaran bisa dilakukan dengan bertanya via email pln123@pln.co.id.

6. Via SMS Langganan

sms langganan pln

Selain email, langganan via SMS juga bisa menjadi opsi jika Anda tidak mau repot. Caranya yaitu dengan mengirim SMS ke 8123 dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan Anda. Setelahnya, Anda akan menerima informasi tagihan listrik secara berkala tanpa harus repot melakukan apa pun. Untuk saat ini, tariff SMS masih dikenakan biaya yaitu Rp. 500 per SMS. Jangan khawatir, jika Anda ingin berhenti berlangganan, caranya pun mudah sekali yaitu dengan hanya mengetik PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan dan mengirimnya ke nomor yang sama.

Demikianlah sekiranya cara cek tagihan listrik yang praktis dan mudah untuk Anda. Selain cara-cara di atas, Anda juga masih bisa menggunakan cara konvensional yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang PLN yang terdekat dengan lokasi Anda. Alternatif ini bisa Anda pilih jika sudah tidak bisa melakukan cara-cara yang lebih mudah seperti 6 poin yang sudah disebutkan di atas karena mendatangi kantor PLN secara langsung membutuhkan waktu luang. Ada kantor cabang PLN yang bisa Anda sambangi di berbagai kota terutama kota-kota wilayah Jabodetabek.

Melakukan pengecekan tagihan listrik berguna agar Anda bisa mengetahui jumlah pasti nominal yang harus Anda bayarkan. Selain itu, hal itu juga bisa mencegah pemborosan karena dengan ini Anda bisa tahu distribusi kabel atau listrik mana saja di rumah Anda yang paling boros atau membuat tagihan listrik bengkak. Setelahnya, Anda pun bisa lebih berhati-hati atau hemat dengan penggunaan listrik di rumah, bukan?

Jika Anda merupakan pelanggan listrik pra bayar, pengecekan tagihan listrik tentu tidak perlu dilakukan karena sistemnya sama seperti membeli pulsa saja. Daya listrik yang Anda terima sesuai dengan jumlah daya yang Anda beli melalui pulsa atau token listrik Anda sementara listrik akan padam dengan sendirinya jika pulsanya sudah habis atau mencapai batas.

Leave a Comment