Tips Grounding Kabel Listrik Rumahan Dengan Aman

Listrik adalah salah satu sarana yang sangat memudahkan kehidupan manusia dan oleh karenanya harus ada di setiap rumah, gedung, atau bangunan apa pun yang digunakan. Hanya dengan listrik kita bisa mendapatkan penerangan yang cukup di malam hari dan menggunakan alat-alat elektronik yang memang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Memasang instalasi kabel listrik menjadi suatu hal pokok yang dilakukan teknisi setiap kali ingin membangun sebuah hunian baru.

Memasang instalasi kabel listrik tidak bisa sembarangan. Ada teknik-teknik tertentu yang harus diketahui dan diperhatikan setiap tenaga teknisi agar instalasi listriknya aman. Secara umum, instalasi listrik bisa dipasang di bagian rumah mana saja yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan—bisa di dinding, di bagian atas rumah, hingga di bawah bangunan. Masing-masing lokasi memiliki resiko kerusakan jika Anda tidak tahu cara memasangnya dengan baik.

Berikut ini adalah tips grounding kabel listrik rumahan dengan aman yang bisa Anda contoh:

kabel instalasi listrik

Kabel menjadi salah satu komponen terpenting dalam pemasangan atau instalasi listrik karena kabel lah yang mengantarkan dan menyambungkan arus listrik itu sendiri. Selintas, semua kabel mungkin terlihat sama saja bagi yang tidak tahu. Tapi bagi yang mengerti pelistrikan pasti paham bahwa kabel dibedakan menjadi beberapa jenis yang berbeda–sesuai dengan nominal tegangan, fungsi, hingga kekuatannya. Inilah sebab mengapa memilih jenis kabel yang cocok adalah hal paling nomor satu yang harus Anda perhatikan sebelum menginstalasi listrik. Jika instalasi listriknya ingin dipasang di bawah tanah atau bangunan, sudah pasti jenis kabel yang harus Anda pilih yaitu yang paling kuat dan memang didesain untuk fungsi demikian. Salah satu jenis kabel terbaik untuk ini adalah kabel NYY dan kabel NYCY. Selain itu, pastikan pula jika kabel yang Anda beli telah memenuhi syarat, pastikan kabel memiliki lapisan pembungkus yang kuat dan tidak mudah rusak jika digigit tikus atau tergencet.

Memasang jalur tersendiri

memasang jalur instalasi kabel listrik

Untuk setiap fungsi yang perbedaannya signifikan, usahakan Anda membuat jalur yang berbeda pula. Misalnya saja instalasi kabel listrik yang digunakan untuk pompa air. Supaya lebih aman, pemasangan kabelnya harus memiliki jalur tersendiri pada sumber listrik, berbeda dengan jalur kabel listrik untuk pendingin ruangan (AC) dan alat-alat elektronik lainnya. Masing-masing perangkat listrik tersebut memiliki daya yang besar dan oleh karenanya perlu dipisahkan agar tidak bentrok dan malah korslet. Dengan dibuatkan jalur terpisah, instalasi yang dipasang pun akan bisa bekerja dengan lebih baik dan lebih awet.

Tentukan posisi terbaik

posisi grounding kabel listrik

Meskipun instalasinya ditanam di bawah tanah, Anda tetap harus memperhatikan lokasi penempatannya. Di bagian mana di rumah Anda yang paling cocok sebagai instalasi listrik misalnya. Jangan memilih tempat yang terlalu sulit dijangkau karena akan menyulitkan perbaikan dan pengecekan, jangan pula memilih tempat yang terlalu mudah dijangkau—terutama oleh anak-anak—karena bisa berbahaya.

Menggunakan MCB atau ELCB berkualitas terbaik

mcb dan Elcb terbaik

MCB (Miniature Circuit Breaker) berguna untuk menutup dan membuka aliran listrik dari atas, sementara ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) adalah perangkat listrik yang melindungi instalasi yang ditanam. Penting bagi Anda untuk memperhatikan kualitas kedua alat ini jika ingin instalasi listrik yang dipasang di rumah Anda aman. Seringkali, kedua alat ini dijual terpisah tapi sekarang sudah ada yang namanya RCBO (Residual Circuit Breaker Overcurrent) yang menggabungkan fungsi MCB dan ELCB dalam satu alat.

Pemasangan yang kuat dan mantap

instalasi kabel listrik yang kuat

Selain memperhatikan kualitas-kualitas alat yang digunakan, akan lebih baik jika Anda memastikan instalasi kabel listriknya kuat dan mantap. Hal ini akan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kendor yang mengakibatkan korslet setrum atau kerusakan.

Menggunakan pipa sebagai pelindung tambahan

pipa instalasi kabel listrik

Untuk lebih memastikan instalasi listrik Anda aman. Gunakanlah pipas sebagai pelindung tambahan. Pipa bisa digunakan sebagai “pembungkus” kabel agar kabel tidak bisa digigit tikus, terkena air, tergencet, dan pada akhirnya korslet. Meskipun ada beberapa jenis kabel yang memang sudah dilengkapi dengan lapisan luar yang kuat dan anti gigitan tikus, Anda bisa menggunakan pipa untuk mendapatkan perlindungan yang lebih pasti lagi.

Cek secara berkala

cek instalasi kabel listrik

Sempatkan mengecek instalasi listrik Anda selama beberapa waktu sekali atau secara berkala. Hal ini berguna untuk memastikan instalasi listrik Anda selalu aman dan tidak adanya kerusakan yang signifikan. Oleh karena itulah jangan malas untuk melakukan pengecekan jika Anda memang sempat atau memiliki waktu luang.

Demikianlah sekiranya hal-hal apa saja yang patut Anda perhatikan guna memasang instalasi listrik di rumah yang aman. Kenapa penting? Karena Anda pasti tidak mau hal-hal yang buruk terjadi berkenaan dengan instalasi listrik di rumah. Berbagai bahaya seperti kebakaran, kena setrum, dan sebagainya adalah apa yang bisa timbul dari instalasi listrik yang tidak benar. Jangan pernah menyepelekan segala sesuatu ketika hal itu menyangkut keamanan Anda dan keluarga Anda sendiri di rumah.

Teknisi-teknisi listrik yang professional rata-rata sudah mengetahui ini dan bisa Anda manfaatkan untuk menginstalasi listrik di rumah Anda tanpa perlu mengkhawatirkan teknis dan keamanannya. Cara-cara mudah memasang instalasi listrik juga pasti dikuasai oleh masing-masing tenaga teknisi listrik yang professional. Jika Anda seorang teknisi dan sedang belajar untuk melakukan instalasi kabel listrik yang baik, penting bagi Anda untuk memperhatikan detail-detail seperti ini dan jangan pernah menyepelekan apa pun agar mendapatkan hasil yang terbaik.

Leave a Comment